13 Mei 2016

Cara Mudah Membuat Hammock dengan Sebatang Bambu

          Banyak cara untuk menikmati alam sesuai dengan yang kita inginkan. Salah satunya dengan menikmati panorama alam dengan bersantai ria di ayunan atau lebih di kenal dengan nama lain “Hammock”.
Ada keseruan unik yang sulit di jelaskan dengan kata - kata ketika menikmati pemandangan dengan Hammock. Tren Hammock kini sudah menjalar di kalangan penggiat alam, dapat kita lihat dengan perkumpulan/grup hammock yang tersebar diberbagai daerah. 

Hammock dapat kita beli di toko – toko adventure dengan harga yang bervariasi. Tapi jujur, bagi saya tetap saja kesulitan untuk membelinya (maklumlah ekonomi sob). Sebagai anak alam alias anak kampong saya selalu belajar berimprovisasi terhadap alam dan alhasil saya bisa juga menikmati alam dengan Hammock. Hammock yang saya peroleh ini bukan saya beli atau berbahan kain atau parasut melainkan dari sebatang bambu.




Ada baiknya juga saya bagikan cara membuat Hammock dengan sebatang bambu untuk sobat petualang. Barang kali ada sobat yang senasib dengan saya atau mau senasib dengan saya atau sekedar pingin mencoba atau apalah … berikut ulasannya :

  1. Siapkan / cari batang bambu yang berukuran (diameter) sedang.       Potong bambu kira – kira 2 atau 3 meter (terserah ente)



  
  2. Bilah - bilah batang bambu (tapi kedua ujung ruas jangan di bilah   , nantinya ruas itu untuk tahap no 3)

















 3. Buat lubang pada kedua ruas (ini bermaksud untuk mengikatkan tali pada ruas sebagai penghubung). Waktu itu sih saya menggunakan kulit pohon temarat sebagai ganti tali



 4. Ikatkan tali pada batang pohon atau dahan yang di nilai pas dan kuat (lakukan hal yang sama pada ujung satunya)




 5. Jangan lupa bersihkan bagian dalam bambu agar aman dan terasa nyaman ketika bersantai di atas hammock



      Kini hammock pun siap di gunakan, kalau sobat ingin menambahkan sleeping bags sebagai alas di hammock bambu silahkan saja. Kalau saya biasanya menambahkan ilalang kering atau rerumputan sebagai alas agar terasa sedikit empuk. Selamat mencoba semoga bermanfaat.




Salam Rimba



Salam Survival

11 komentar:

  1. Inisiatif gann...
    Itu kuat maksiml brp kilo ya..?
    Kalo yg naek kya prety asmara gmn gan? Haha

    BalasHapus
  2. mungkin bs menampung seperat 100km/jam x sob. klo prety naik ginian ya ambruk. dia cocoknya jdi tilam aja, hahahaha.

    BalasHapus
  3. Kreatif sih.., tapi kayaknya sakit tu punggungnya kalau tiduran!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak kok, apalagi diberi alas yang empuk. Tenang aja gk bakalan ambruk, bambu udah terkenal akan kekuatan dan kelenturannya.yang penting itu talinya harus kuat agar gk putus.

      Hapus
    2. Nggak kok, apalagi diberi alas yang empuk. Tenang aja gk bakalan ambruk, bambu udah terkenal akan kekuatan dan kelenturannya.yang penting itu talinya harus kuat agar gk putus.

      Hapus