24 Juni 2017

cara masak nasi dengan buah kelapa

            Hai gaes udah saatnya ane bagi - bagi tips survival nih. Kalian udah pada tau kan ane itu kaga suka ribet bawa ini itu saat sedang ngetrip. Apalagi bawa panci , kuali , kompor , kulkas , mesin cuci dll saat ngetrip ke alam bebas. Nah untuk urusan makan sering kali ane ber-improfisasi pada alam dan keadaan sekitar untuk menunjang keperluan ane dalam hal bertahan hidup ( masak memasak). Salah satunya memasak nasi.
Ane sering memasak nasi dengan menggunakan buah/batok kelapa. selain simple dan praktis, cara ini action banget. Sesuai untuk memuaskan hasrat ketika berpetualang di alam bebas. Selain itu rasanya sungguh menggugah selera. Ane namain nasi ini nasi lemak. Karna ya rasanya yang berlemak asoy gitu. mungkin pengaruh santan yang terkandung didalam kelapa ini sehingga rasanya gurih , renyah dan fantastik holistik.



Kalian pengen nyoba ? silahkan intip petunjuk dibawah ini :

~ Siapkan buah kelapa yang sudah tua. kupas kulitnya hingga menyisakan batoknya.

~ Lubangi bagian ujung kelapa. tampung air kelapa di wadah (jangan di buang air kelapanya).

~ Masukkan beras yang sudah di cuci bersih sebelumnya. ukuran beras yang akan di masak dengan buah kelapa kira - kira setengah ukuran batok kelapa itu sendiri. (jangan terlalu banyak memasukan berasnya, bisa mengakibatkan beras tidak masak/mentah)

~ Kemudian tuangkan air kelapa yang di tampung tadi kedalam batok kelapa yang sudah terisi beras tadi. tutup/sempal batok kelapa tersebut dengan serabut/kulit kelapa atau daun.

~ Siapkan atau nyalakan api. setelah api unggun menyala, bakar batok kelapa. Tunggu sampai 30menit dan nasi lemak pun matang.
(usahakan api tetap terjaga menyala dan api tidak terlalu besar agar batok kelapa yang dibakar tidak bocor)

~ Setelah 30 menit angkat batok kelapa tersebut. bersihkan bagian luar batok kemudian belah batok kelapa tersebut. Nasi lemak pun siap di santap.

-------------------------------------------------------------------
             Simpel kan gaes. Jika sobat kurang jelas dengan penjelasan lisan yang ane uraikan diatas, sobat bisa intip video tutorialnya di bawah ini :

Video Tutorial memasak nasi dengan menggunakan buah kelapa



selamat mencoba

Salam Survival

3 komentar: