14 Februari 2017

Air Terjun dait , obyek wisata kalimantan barat yang wajib di kunjungi

Adil ka' Talino ...
Bacuramin ka' Saruga ...
Basengat ka' Jubata ... Arusss

Itu lah slogan khas Kabupaten Landak - Kalimantan Barat yang dapat kita temui kala kita berkunjung kesini. Arti dari slogan itu ialah

Adil sesama manusia ...
Bercermin di surga ...
Bernafas karna anugrah Tuhan ... Amin

Ngomong - ngomong tentang Kabupaten Landak tak lengkap rasanya kalau ane nggak backpackeran disini. Karna di Kabupaten Landak banyak tempat keren sob. Kali ini ane akan berbagi kisah ngetrip ane ke suatu destinasi wisata Kab. Landak yang keren dan lagi ngehits. Namanya Air Terjun Dait atau lebih akrab di sebut "Rombo Dait".
Rombo dapat di artikan air terjun seperti layaknya curug = air terjun, sedangkan Dait adalah nama sungai yang mengalir di daerah ini, jadi lah dia Rombo Dait atau air terjun dait.

Air Terjun Dait
Atau
Rombo Dait

Rombo Dait adalah air terjun 7 tingkat yang terletak di jantung hutan tropis Kalbar. Tepatnya terletak di desa Sekendal Kec. Serimbu Kab. Landak - Kalbar.
Karna berada di tengah hutan rimba nan asri tentu kebayang dong serunya ngetrip kesini. Apalagi buat ente yang suka dengan nuansa alami, rekomended banget.

Berjarak kurang lebih 240km dari pusat ibu kota Kalbar, Pontianak. Ada 2 jalur menuju air terjun dait jika ente start dari Pontianak. Ente bisa lihat gambar di bawah ini sesusi panduan google maps.

Jalur 1

Jalur 2

Oke sekian dulu review nya, udah saatnya ane cerita manjanya diriku saat berada di rombo dait.
Waktu itu penghujung tahun 2016 ane bulatin tekad untuk backpackeran ke rombo dait. Berangkat dari Pontianak pagi hari dan sampai di rombo dait siang harinya.

Sesampainya di rombo dait ane di sambut dengan ramah oleh seorang bapak yang ada disini. Panggil saja beliau Pak Susan atau 'angin nao'. Selain menjadi salah satu koordinator rombo dait, pak Susan juga membuka kedai kecil kecilan dan menyediakan penginapan yang dia beri nama Penginapan Angin Nao.
nama penginapannya berasal dari bahasa Dayak Belangin yang jika di terjemahkan ke bahasa Indonesia artinya Penginapan 'tidak tau' , lucu juga ya nama penginapan pak Susan ini.

Jadi buat sobat yang ingin bermalam atau ingin berlama - lama liburan manja disini tapi nggak punya tenda , nggak usah khawatir lagi karna udah ada penginapan super murah tapi nggak murahan. Emangnya berapa ?
Tarif penginapan per malamnya cuma 50 ribu doang. Waooow
Kalau kalian ngetripnya berkelompok tentu akan ngirit rit rit banget karna bayarnya patungan.

Jadi waktu ane sampai udah tengah hari, tapi nggak terasa panas kaya di Pontianak yang panasnya bedengkeng. Maklum saja karna disini pepohonannya masih rapat sob, jadi suplai O2 nya seger banget. Ku parkir motor di tempat parkiran segede lapangan futsal pas di depan air terjun dait tingkat 1.
Rehat sejenak di kedai pak Susan sambil memulihkan stamina akibat kelelahan sewaktu diperjalanan tadi sambil menikmati secangkir kopi bueh ... nikmat.

Air Terjun Dait
Tampak menggoda dari kejauhan

Setelah stamina ku rasa fit kembali kini saatnya pria dewasa menikmati mandinya. yup , sedari tadi pemandangan rombo dait tingkat 1 ini menggoda ku untuk bergegas menghampirinya. Byurrrrr ... alamak air nya sejuk banget sob. sisa - sisa letih yang enggan pergi dari tubuh ini seketika musnah begitu saja ketika ane mulai berenang manja di rombo dait tingkat 1 ini. Sungguh ciptaan Tuhan yang sangat indah.

Air Terjun Dait tingkat 1

Puas berenang di rombo dait tingkat 1 , ane beranjak dan menapaki langkah menuju tingkat 2 yang hanya 5 menit jaraknya dari tingkat 1. Waow rombo dait tingkat 2 nggak kalah cakep nya sob. Diameter kolam lebih gede dan lebih dalam. sentuhan bebatuan kecil yang melingkari kolam membuat sepasang mata terpukau dan mulut akan berteriak huuwweeehhhhh tanda kebanggaan yang tersirat di hati. Ciri khas dari air terjun dait tingkat 2 ini ada sebatang kayu yang ada di tengah - tengah kolam. Jadi ketika puas berenang kita bisa singgah sebentar dan bertenggar diatasnya sambil menikmati air yang tumpah dari atas dengan dekat dan exclusive.

Air Terjun Dait tingkat 2

karna hari sudah sore ane pun kembali ke bawah untuk menyiapkan tempat bernaung dan kayu bakar untuk aktivitas memasak. lah nggak lanjut sampai tingkat 7 bro ? masih ada hari esok keles.
Ane seorang Backpacker gembel dan ane nggak pernah mau ribet kalau ngetrip trus harus ngirit karna itu harga mati.  seperti kala itu, ane nggak bawa tenda karna tenda pun ane tak punya bruakakakakkk. Seperti biasa kedai adalah hotelku.

Ku pilih terlebih dahulu kedai yang pas buat ane bermalam (di rombo dait ini ada beberapa kedai), kubersihkan meja nya untuk ku berbaring nanti. Ku rangkai api unggun untuk memasak sambil menghangatkan badan. Tak ada rasa takut malam itu walaupun ane hanya seorang diri. Setelah perut kenyang ane pun tidur membawa pengalaman hari ini ke alam bawah sadar.

Kukuruyuk .... emangnya ada ayam disana bro ? nggak ada sih buahahaha.
Malam berganti pagi dan ane pun bangun dengan senyuman penuh arti. Suasana hening kala itu sangat harmonis. Pepohonan yang masih berselimut kabut serta kicauan burung bergema riang menyambut pagi. stretching dan joging sebentar agar tubuh bugar untuk melanjutkan petualangan hari ini. setelah itu sarapan bentar sambil menikmati pesona air terjun dait tingkat 1 buehhh sarapan yang tak terlupakan.
Tapi kapret nya perut ini tak bisa diajak kompromi, mules toilet mana , toilet ? Untungnya toilet di rombo dait ini sudah mumpuni jadi ane nggak panik kaya di klinik pagi itu.

Hari ini ane nggak sendirian ngetripnya karna adik ane Rangga akan ikut. Ceritanya dia nyusul ane karna kebetulan posisinya saat itu berada di Kuala behe yang memang agak dekat dari rombo dait ini. Oke saatnya eksplore air terjun dait yang kemarin sempat tertunda. Ane dan Rangga langsung tancap gas menuju rombo dait tingkat 3 dimana ane harus melewati kembali tingkat 1 dan tingkat 2. Cukup 15 menit ane sudah sampai di tingkat 3. Pemandangannya khas banget. Disini ane nggak bisa berenang manja karna area tingkat 3 ini di penuhi oleh bebatuan. Sungguh pemandangan yang sangat artistik. Dinding batu yang ada di tebing air terjun seperti lukisan , mungkin ini lah yang dinamakan 'tato alam'. Susunan bebatuan mulai dari ukuran raksasa sampi sebesar upil tersusun ciamik di rombo dait tingkat 3 ini. Setelah puas menikmati keindahan rombo dait tingkat 3, ane pun melanjutkan perjalanan menuju tingkat 4.

Air Terjun Dait tingkat 3

Tingkat 4 ane tempuh cuma 8 menit doang. Kurang lebih seperti tingkat 3 disini ane nggak bisa berenang manja. Tapi untuk selfie di sini cakep banget. Ane bisa melihat curahan air yang tumpah ke bawah (ke tingkat 3). Area batu yang besar dan rata cocok di jadikan tempat untuk menikmati bekal. Selain itu, geografis batu tempat ane berpijak ini tinggi dan condong ke luar kaya jidat kepsek ane sekolah dulu, sehingga menjadi alasan mata ini melongok takjub menikmati keindahan hijaunya hutan Kalimantan. Belum lagi angin sepoi sepoi yang membelai lembut wajah tampanku dan alunan melodi burung bersahut - sahutan menjadi pengalaman yang tak ternilai nikmatnya.

Air Terjun Dait tingkat 4

Selfie dulu

Puas menikmati istimewanya rombo dait tingkat 4, ane pun cuss ke tingkat 5. 10 menit kutempuh akhirnya sampai juga. Asli, sungguh - sungguh indah pemandangan rombo dait tingkat 5 ini. Dari air terjun yang lain, tingkat 5 inilah yang paling tinggi dan lebar. Diameter kolam di bawah curahan air terjun luas dan menggoda. Airnya yang jernih , suara gemuruhnya yang genit serta pasirnya yang lembut membuatku amnesia. Setidaknya amnesia ama rutinitas yang membosankan selama ini. Tepat di bawah air terjun ini ada kolong atau gua mini yang layak tuk di jajal. kalau berada di mulut gua ini ane jadi teringat ama tempat rahasianya Batman sob. Rombo dait tingkat 5 ini favorit ane, karna selain indahnya kebangetan, disini kita juga bisa memancing (menurut penuturan salah satu koordinator air terjun dait). Sayang ane lupa bawa pancingan, huft ... lain kali tak kan kuulangi kecerobohan ini. Ane rasanya enggan beranjak karna disini ane manja banget. Namun ekspedisi harus tuntas, maka dari itu ane pun bangkit dan mengajak Rangga melanjutkan perjalanan menuju air terjun tingkat 6 dan 7.

Air Terjun Dait tingkat 5

Sayang kalau kaga selfie disini

Kurang lebih 10 menit berjalan ane pun sampai di titik perhentian yaitu air terjun tingkat 6 dan 7. yup , air terjun tingkat 6 dan 7 ini berdekatan gaes, jadi disinilah ane menuntaskan petualangan. Area air terjun tingkat 6 dan 7 ini di penuhi oleh bebatuan yang besar - besar serta batang kayu raksasa yang tumbang dan terbawa arus. air disini juga deras, suhu udaranya dingin merinding. Mungkin karna ane habis mandi tadi kali ya. Kondisi disini agak gelap itu karna rapatnya pepohonan yang meliputi tempat ini. uniknya disini banyak pohon yang batangnya berwarna merah. Sesekali terdengar kepak kan sayap burung yang mampir atau beranjak dari ranting pohon. Sepasang tupai yang berlarian di ranting pohon terkadang menarik minat sepasang mata ini melirik tajam.

Air Terjun Dait tingkat 6 dan 7

Sungguh indah ciptaan NYA , keindahan ciptaan Tuhan yang mana lagi dapat ku dustakan. Hari itu adalah hari yang tak terlupakan bagiku.

Baca juga : "Kisah Backpackeran ane di Danau Biru yang hanya mengeluarkan budget 35 ribu doang"

Karna hari mulai sore kami pun kembali ke tempat semula kami memulai perjalanan, yaitu tingkat pertama. Segera setelah tiba di titik awal perjalanan, kami pun berbagi tugas menyiapkan makanan dan membersihkan meja kedai untuk kami istirahat malam nanti.

Nyantai di teras penginapan angin nao

Rangga dan penampakan kamar penginapan

Namun beruntungnya kami hari itu karna kami ditawarkan oleh Bapak Susan untuk menginap secara gratis di penginapannya. wah pak Susan ini baik banget, ane doakan Tuhan membalas kebaikan bapak melebihi apa yang bapak berikan kepada kami.

Sepenggal video yang berhasil ane rekam buat oleh - oleh pengunjung setia blog ane. Selamat menyaksikan

Nah itulah sedikit penggalan cerita pengalaman ane saat explore air terjun dait ala backpacker. Menurut ane Air terjun dait adalah Obyek wisata Kalimantan barat yang wajib di kunjungi.
Air terjun dait adalah destinasi wisata yang patut di perkenalkan pada dunia baik Nasional maupun Internasional.

Besar harapanku rombo dait akan menjadi obyek wisata andalan Kalimantan barat kedepannya. Salah satunya melalui jejaring wisata Kalimantan barat mari kita gaung gema kan gairah pariwisata Kalbar dimata dunia.

Akhir kata ... sampai jumpa di petualangan ane yang selanjutnya meng explore Obyek wisata Kalimantan barat agar lebih dikenal luas banyak orang.