20 Januari 2017

Ngegembel ke Rombo Dait part 2

Cilukba ... hayo lagi ngapain loe ??? Baru di jumper ama link ngegembel ke Rombo Dait part 1 ya ... udah nggak sabar mau ngelanjutin cerita ane ya ... biasa aja kelesss
Oraik ... oraik akan ane lanjutin kisahnya. Namun sebelum ane lanjutin ceritanya, ane mau menghimbau ente , loe dan kamu yang baru ngelink di artikel ini. Ada baiknya juga membaca cerita ane yang pertama Ngegembel ke Rombo Dait part 1 agar kalian nyambung saat membaca artikel sekarang ini.
Oke ane nggak akan berlama - lama lagi, langsung aja lest cekidot

        Pagi telah hadir dengan sejuta cahaya saat itu. Hari ini adalah hari ke 2 ane dan Rangga berada di Rombo Dait. Tidur di Penginapan Angin Nao kemarin pulas banget, mungkin karna gratis kali ya ! Hihihi




Ku sambut pagi itu dengan senyuman, stretching dan jogging bentar di halaman parkiran penginapan agar tubuh bugar. Dan seperti biasa ane boxer bentar menyapa kloset yang rindu menyambut si kuning. *aaaa legaaa

Sebelum melanjutkan ekspedisi ke Rombo Dait tingkat 3 s/d 7, ane dan Rangga sarapan apa adanya terlebih dahulu. Dasyatnya sarapan pagi ini bukan hanya untuk perut tapi juga untuk mata. Penjelasannya ada pada gambar di bawah ini

Sarapan perut + sarapan mata.


Saatnya ngetrip .... Hari ini kami berdua melanjutkan perjalanan ke Rombo Dait Tingkat 3 s/d 7. Sewaktu menuju Rombo Tingkat 3 tentunya kami melewati kembali rombo tingkat 1 dan 2 dulu. Hal ini memecut semangatku untuk segera sampai di tingkat 3 *ada apaan yah di tingkat 3.

Dari tingkat 2 menuju tingkat 3  hanya memakan waktu 10 menit. Track nya lumayan terjal tapi asyik. Pemandangan hutan yang asri di kiri dan kanan jalan setapak menyerap rasa lelah ane. Pemandangan di Rombo Tingkat 3 artistik banget. Dibalut dengan rapatnya hutan tropis serta aneka macam tumbuhan, contohnya pohon merah. Dan yang bikin kesan artistiknya kental banget ialah tato alam yang membingkai pada tebing bebatuan disekitar rombo. Tingkat 3 ini hampir 80 % areanya berbatu, mulai dari ukuran raksasa sampai ukuran kecil semuanya tersusun ciamik. Untuk mandi mungkin kurang joss , tapi kalau untuk melamun mengenang mantan pacar cocok banget nih *jijik. Untuk selfie keren badai , kalau untuk cipokan nyet ? Boleh aja tapi ane nggak tanggung jawab yah ! It this Borneo Jungle yang kental dengan mitos mistik nya , jadi jangan macem - macem deh. Otak mesum loe.


Rombo Dait tingkat 3
Tingkat 3 rombo dait



Puas mengagumi Rombo Dait tingkat 3, kami berdua cuszz ke tingkat 4. Cukup 10 menit dari tingkat 3 menuju tingkat 4. Medannya lumayan terjal dan menanjak karna masih di dominasi area berbatuan. Banyak akar gantung yang bisa di jadiin pegangan saat pendakian. Namun harus tetap hati - hati karna melewati tebing curam, salah langkah bisa langsung terguling.

Eng ing enggg ... Rombo Dait tingkat 4. Untuk sekedar cuci muka dan kobokan fres banget nih memulihkan stamina yang menurun. Untuk mandi ane rasa rawan, diameter kolamnya kecil arus airnya deras dan langsung menghujam ke bawah alias ke air terjun tingkat 3 yang tadi. Untuk selfie juara background nya tingkat 4 ini. Karna area berbatuan, selain itu untuk menikmati pemandangan di bawah sono cukup luas. Kalau loe punya teropong, bisa ngintip orang yang lagi mandi di tingkat 3 (dibawah).



Ada teropong mantap nih
Untuk mantau sikon dibawah


saran ane jangan terlena berselfie ria ya sob. Kalau tergelincir bisa death nanti. Kalau kalian bawa bekal , tingkat 4 ini cocok di jadikan piknik area. Areanya Teduh dan datar serta burung beraneka macam  jenis bernyanyi riang menghibur hati.


Sekarang saatnya menuju Rombo Dait tingkat 5. Dari tingkat 4 menuju tingkat 5 waktu kami tempuh sekitar 12menit. Tracknya sedikit nanjak, itu pun cuma saat pertama doang. Setelah itu menelusuri jalan setapak yang landai. Itu lah alasannya kenapa ane saranin menikmati bekal di tingkat 4, karna menuju tingkat 5 track nya enteng. Jadi kalau perut loe kekenyangan nggak akan mual saat loe melanjutkan perjalanan menuju tingkat 5 dan seterusnya.


Rangga ditingkat 5


Buat yang hoby mancing, disini lah spot yang kece badai. Loe bisa strike dengan hasil yang fantastik *ikannya gede - gede nyet , loe bisa pasang pukat yang bikin loe kewalahan saat panen ikan di pukat.

Kala senja kalian bisa pesta ikan bakar buehhhhh ... keterlaluan liburan loe sob. Cuma saran ane jangan menggunakan kayu dari pohon jengkol sebagai kayu bakar. Atau jangan bakar ikan dan ayam dan apalah *intinya daging* dalam satu tempat/panggangan.

Nanti tetangga yang lain pada datang kan repot nyet. Intinya Dimana bumi di pijak , disitu langit di junjung. Walaupun langitnya mendung tetap harus di junjung ya. Pahamkan maksud ane sob , masak ane harus berkata fulgar cih.





Oke kita lanjut lagi yah cerita seseruan ku menikmati pesona air terjun Dait tingkat 5. Landskap tingkat 5 ini bikin ane amnesia sob. Iya , ane amnesia sejenak, terbius dengan pemandangannya yang ....  yang apa ya !!! Tu kan ane amnesia lagi , pokoknya Pemandangan air terjun Dait di tingkat 5 #BikinIndonesiaKeren di mata Dunia. #WestBorneoAmazing banget terutama wisata alam Rombo Dait ini.




Menurut ane tingkat 5 ini paling tinggi dari tingkat - tingkat air terjun dait lainnya dan paling CuuuuaaKeeep pisang . Serta aman buat pengunjung yang ingin mandi manja + lebay disini. Pasirnya putih lembut dan ringan. Arusnya nggak deras, areanya lebar. Ada goa kecil tepat di bawah air terjunnya, pengunjung biasa bermain dan selfie di goa mini ini dan setelah itu nyemplung jadi ritual pasti.

Ane jatuh cinta ama keindahan rombo dait tingkat 5 ini. Sulit menguraikannya dalam bentuk tulisan. Keindahan terpampang nyata, ikan melimpah ruah, buah aneka macam , maka tak heran pula disini banyak binatang berbagai jenis.


Tingkat 6 dan 7

Sudah saatnya menuntaskan ekpedisi, kami berdua akan cus ke tingkat 6 dan 7 sekaligus. Yup sekaligus karna tingkat 6 & 7 tingkatnya estafet alias sambung arus.
Pemandangannya padu. Dominan batu - batu gede yang terhampar sepanjang area ini. Oh iya dari tingkat 5 menuju tingkat 6 dan 7 butuh waktu cuma 8menit karna jalurnya potong kompas alias jalan pintas.

Untuk anak parkour banzeng banget spot disini. Gemuruhnya kencang, sejuk banget sob karna tempias air yang tertiup angin meliputi area di tingkat 6 dan 7 ini. Hati - hati dengan luapan air , karna biasa arus memuntahkan kayu yang tumbang di dasar curah air terjun. Suasanya nya bener - bener adem dan teduh. Walau panas terik tetap terasa adem. Silau disana namun tidak disini, pepohonan yang rapat menghalau sinar matahari. Kebayang nggak suasana malam nya gimana ? Seremmmm.

Disini ane melihat kawanan burung enggang terbang. Singgah sebentar pamerkan bulu nya dan terbang lagi entah kemana. Setelah perjumpaan langka ama burung enggang maka dengan begitu sudah saatnya kami pulang menuju camp.

Pengalaman ini sangat berharga dan sulit tuk kami beranjak meninggalkan Rombo Dait. Terima kasih Tuhan, terima kasih Rombo Dait.

Sedikit kekonyolan kami saat ngegembel di Rombo Dait terbingkai pada Video di bawah ini
Selamat menyaksikan




Akhir kata ...


SALAM GEMBEL

" Baca juga : 7 hotel dekat taman cisarua "

2 komentar:

  1. mantap wak, saye dah pernah sekali kesana.. trek nye ajib... pegi kesana pas liburan tahun baru macam pasar ramai orang kwkwkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau agak sepi jangan pas tahun baru , ramai sangat lh. Hri libur biasa dijamin josss bro. Bawa pancing buehhh ...

      Hapus