19 April 2016

Cara sterilkan air kotor dengan Betadine ( Teknik Survival )

        Air adalah sumber kehidupan bagi manusia. Tanpa air kita tidak bisa bertahan hidup. Begitu juga seorang petualang tentunya bekal yang paling penting dibawa selain P3K adalah air sebagai penunjang aktivitas. Namun bagaiman ketika bekal air yang kita bawa habis ? mungkin ada beberapa opsi yang dapat dilakukan seperti membeli air mineral di toko, atau mengambil air langsung dari mata air dan memasaknya terlebih dahulu. Nah kalau tidak ada wadah untuk memasak air trus bagaimana dong ? Karna kita tidak tau kapan kita di hadapkan dengan hal sulit jadi tidak ada salahnya kita belajar cara bertahan hidup, salah satunya mencari sumber air agar tetap bertahan hidup
Kali ini saya akan memberi tips survival tentang cara sterilkan air kotor dengan Betadine hingga menjadi air yang layak di minum. Betadine adalah cairan antiseptik untuk mengobati luka (tentunya sudah pada tau donk sob)
Seperti yang saya alami ketika xpdc di daerah Kabupaten Landak - KalBar. Waktu itu bekal air saya sudah habis dan tenggorokan amat sangat dahaga. Yang saya temukan adalah sungai Landak yang keruh akibat PETI (Penambak Emas Tanpa Izin). Saya memang haus tapi saya tidak mau ambil resiko untuk meminumnya langsung tanpa dimasak.Maklum kondisi lagi tidak stabil hehehe.
Baiklah, dengan cara bertahap saya akan uraikan cara sterilkan air dengan betadine



1. Penyaringan
Saring air terlebih dahulu dengan menggunakan Bahan katun seperti Kaos/baju. (kalau saya sih waktu itu pakai bandana). Ada baiknya tambahkan ijuk.


2. Teteskan Betadine
Setelah air disaring, teteskan Betadine 2-3 tetes saja (jangan kebanyakan nanti keracunan)


3. Proses steril air hingga layak minum
Setelah di tetes dengan Betadine, jangan langsung di minum , biar kan Betadine memainkan perannya. Tunggu/biarkan hingga 30 atau 45 menit. Setelah itu air pun bisa di minum



      Senyawa aktif yang terkandung dalam Betadine ampuh membunuh bakteri jahat sehingga air kotor yang kita teteskan dengan betadine menjadi steril dan layak minum.
Namun saran saya air tetap lebih baik jika dimasak terlebih dahulu. Tips yang saya sampaikan sejatinya hanya untuk dalam keadaan genting sebagai bentuk bertahan hidup. Nah itu lah cara simpel dari saya semoga bermanfaat.

Salam Rimba
Salam Survival.

2 komentar:

  1. Aih.... bisa ya pake betadine. Keren euy! Mau nyoba tapi masih seram hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sesek aja bos di coba. Buat apa nyoba kalau air melimpah. Semoga bermanfaat

      Hapus