08 Mei 2019

Pulau lemukutan dan penginapannya

Pulau lemukutan ... kalau dikalangan traveller atau pecinta alam bahari, pulau yang satu ini gak ada habisnya untuk diceritain. Pulau yang terletak di kalimantan barat - kabupaten Bengkayang - kecamatan kepulauan sungai raya ini menyimpan kisah dan pemandangan yang eksotis pakai banget. Mulai dari pemandangan garis pantainya yang sexy ampe dunia bawah lautnya yang erotis, semua patut direkam didalam memori otak.



Kalau berlibur disini ente bisa enjoy banget. saraf yang tegang bisa dilenturin, yang tadinya bosen idup jadi bergairah, yang jomblo ya... tetep jomblo, pokoknya seru banget deh. lo bakal menemukan sesuatu yang baru yang belum pernah lo lakukan sebelumnya.


Ane basa basi dikit yah

Pulau lemukutan itu terpisah dari daratan pulau terbesarnya yaitu pulau Kalimantan barat. Jadi kalau mau ke pulau lemukutan kita harus menggunakan perahu motor/speed board. emang nggak ada opsi lain ?
Oh ada ada ... opsinya berenang sejauh 2mil. Dulu ane pernah nyoba, baru 2meter udah kelelep. akhirnya ane pakai perahu motor atau yang lebih dikenal dengan kapal klotok. Ongkosnya murah cuma 25ribu aja. Pulang pergi cuma 50ribu doank.



Nah kapal klotok jurusan Pulau lemukutan bisa kamu jumpai di dermaga teluk suak. Teluk suak itu dimana ? Woi nyet, pinteran dikit ngapa! cek di google maps sana, hari gini masih oon aja. Nah khusus bulan Ramadhan atau lebaran Penyebrangan ke pulau lemukutan biasanya dipindahkan ke Pantai samudera indah mengingat dermaga teluk suak mengalami pendangkalan,jadi kapal klotoknya nggak bisa berlabuh. Disarankan buat pengunjung yang ingin berlibur ke pulau lemukutan pada masa lebaran tiba bisa langsung cusss ke pantai samudera indah untuk membooking kapal klotok. Daaaannnn satu lagi, kalau mau nyebrang ke pulau lemukutan jangan siang siang yah apalagi sore. So kapal jurusan lemukutan hanya melayani penyebrangan di pagi hari mulai dari jam 07.00 s/d 10.00 aja.

Sesampainya di pulau lemukutan kalian jangan khawatir mau tidur dimana. walaupun di pulau lemukutan kaga ada hotelnya apalagi PSK nya, tapi disini penginapan sudah banyak. Tinggal pilih aja. mulai dari harga 100ribu/malam sampai dengan 300ribu/malam. tergantung selera mu. kalau selera ku sih nggak digantung kaya lu pada.

Sudah pasti ane akan memilih penginapan yang hidden, pemandangannya natural trus pekarangannya dihiasi yang hijau hijau trus menghadap ke bapak sekolah ke laut, malamnya bisa party barbeqiu sambil kerokan karauke-an Buuehhhhhhh ...... qpowyrevgncndwhcbiuhviinjsdnhacyuerwihvdcnuiebhcfysalkncd
(ane kaga tau dah mau nulis apa selain bahasa alien diatas)

Emang ada yang kaya gitu di Lemukutan njing

wuesssttt ... ada dong. Tapi nggak ada spesifikasi selengkap yang ane sebutin diatas.

Kadang home stay nya menghadap ke kepala sekolah laut lepas tapi nggak ada pekarangannya. kadang ada pekarangannya tapi rumah warga. sekali ada pekarangannya+menghadap ke laut lepas, eh home stay nya yang nggak ada.
Giliran home stay nya ada trus menghadap ke laut ada pekarangannya sekali mau boker toiletnya yang nggak ada. Hadewwww

Makanya dalam beberapa sesi cuss ke lemukutan, (kalau nggak salah udah 124 kali ke lemukutan. 4kali real, sisanya melalui alam bawah sadar), ane habiskan malam dengan mancing dan tidur dibatu yang tersebar di pinggir pulau atau sekedar membuat bivak (ane kaga punya tenta).


Sampai pada suatu hari ada seorang wanita melamarku ....

sory gue halu


sampai pada suatu hari yang tak terduga. ane nyelinap di kapal klotok rombongan orang2 yang mau ke lemukutan. singkat cerita ane terdampar ke pulau lemukutan bagian selatan. Biota lautnya buehhh kumplit airnya bening kehijauan kaya pertalite. Mulai dari taman kima nya, terumbu karang berbentuk indah, cantik, aneh tapi cantik, indah tapi aneh ampe kaya kelentiiitt pun ada,,, serius. ikannya mulai dari ukuran yang kecil ampe yang gede bergerombolan berenang kian kemari. warnanya beraneka ragam. ni ikan warna warni bisa dimakan kaga sih? jadi ragu.







Nah disini lah, dibagian selatan pulau lemukutan ane menemukan Home stay yang sesuai dengan kriteria ane. Bangunannya klasik nature (ada toiletnya), pekarangannya luas dihiasi berbagai macam tumbuhan cantik. pepohonan hijau yang tumbuh rimbun menambah keasrian home stay, menghadap kelaut yang berwarna kehijauan yang semakin jauh memandang semakin membiru. Disamping home stay dibangun pondok bertingkat yang menghadap kelaut pula. Disini lah pada malam harinya kita bisa kerokan karoke-an sampai puas.


Said nggak nyet liburan ane di pulau lemukutan. pingin manja ria kaya ane ? pingin tau home stay yang pernah ane datengin ???



Nama Home Stay nya : Pondok Sinca'an Tanjung Ma' kandut


Nah untuk info detailnya kalian bisa baca dengan klik link dibawah. Mulai dari nama home stay dan artinya, nama pemilik home stay sampai dengan tarif nya udah ane kupas.




so selamat berlibur
salam gembel

1 komentar:

  1. Penggunaan gambar tanpa ijin dan tidak mencantumkan info sumber gambar.
    https://www.instagram.com/p/BnQwqWhHr-j/
    di ingatkan di FB malah di blok tanpa modifikasi konten blog,
    silahkan hapus foto saya, atau Anda masukan sumber foto yang Anda gunakan.
    jika tidak blog Anda akan saya report ke Google karena melanggar HAK CIPTA

    BalasHapus