21 Desember 2017

Tips (gak penting) agar perjalanan traveling makin seru

Hai sobat Traveler Gembel ...


Udah lama rasanya ane nggak nulis. Ya dewasa ini ane emang jarang nulis nggak kaya dahulu kala. Malahan ane hampir tiap hari ditulisin (bon) ama toko langganan. Untuk mengimbangi tulisan yang banyak nominalnya itu ane harus banting tulang, makanya ni blog banyak sarang laba - labanya. Loh loh loh kok jadi curhat sih ...

Nggak papa lah , kali aja ada yang iba dan mau sedekah, hahayyy




Oke deh, nggak usah bertele - tele lagi, kali ini ane mau bagi tips (gak penting) agar perjalanan traveling makin seru. Tips ini sesuai dengan pengalaman ane ngetrip alias ngegembel manja. Nah silahkan di plototin ulasan dibawah ini :




1. Lakukan Perjalanan yang tidak di rencanakan



Percayalah gaes perjalanan yang tidak direncanakan itu seru banget.

Malahan perjalanan yang sudah direncanakan sering kali gagal dan mengecewakan serta membuat banci insaf. Gimana enggak, perjalanan yang sudah direncanakan matang - matang ... eh pas hari 'H' nya nggak jadi berangkat karna bentrok dengan kerjaan lah , tak enak body lah (kaga bisa berak 3hari) , cuaca buruk lah (gerimis segede biji jagung) daaaan lain lain. Nggak seru banget kan.




Nah, kalau perjalanan yang tidak di rencanakan dijamin akan memacu Adrenalin dan sudah tentu seru.

Seperti pengalaman ane bersama 2 temen gembel ane. Tanpa rencana, tanpa persiapan ini itu. Pokoknya yang penting jalan jalan. Kita mutusin mau pergi ke pantai sedau yang ada di Singkawang. Karna nggak tau dimana lokasi sebenarnya dan juga udah jam 10 malam, akhirnya kami singgah di Pantai pasir panjang dulu untuk ngopi dan mengumpulkan informasi. Nggak ada rencana kami untuk nginap di pantai pasir panjang, tapi setengah terpaksa kami harus bermalam disini karna waktu itu hujan lebat disertai angin kencang. Parahnya lagi uang kami tak cukup untuk booking hotel disana. Alhasil kami bertiga bermalam di pondok jualan (udah tutup) yang ada tepi pantai.
Suara gemuruh ombak gede baget, hujan semakin menjadi - jadi serta petir tak berhenti ngerumpi diatas sana. (Mungkin lagi rumpiin kisah segitiga antara Libra - Leo dan Taurus).
Coba melihat prediksi cuaca di google katanya 'waspadalah karna di daerah anda berpotensi terjadi BADAI'. Buseetttt ... jantungku dag dig dug ... adrenalin berpacu kenceng disertai anu ku ngaceng.
Di atas cakrawala, halilintar menggelegar hebat, dipondok reot kentut kami bertiga pun bertalu - talu menggetarkan papan kayu, mungkin efek adrenalin terkontaminasi angin kali yah.


Ini waktu di pondok reot


Namun syukurlah jam 5 pagi cuaca sudah reda. Jam 6 pagi kami diusir pemilik pondok dengan alasan mau buka lapak.

Kami pun menikmati pemandangan pagi yang masih berkabut halus menyelimuti pesisir pantai pasir panjang dengan berjalan kaki menyusuri bibir pantai. Sungguh perjalanan yang seru dan tak terlupakan

So ... jangan takut untuk memulai hal baru


2. Melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan

Salah satu alasan kenapa kita traveling adalah ingin merasakan, menikmati tempat yang kita kunjungi. Nggak mungkin kan setelah menempuh perjalanan jauh, loe habisin di kamar hotel dengan main game online. Kalo mau main game kenapa harus jauh jauh, di rumah juga bisa kalee.


Nah agar perjalan ente makin seru, lakukanlah sesuatu hal yang jarang atau belum pernah loe lakuin sebelumnya di tempat yang ente kunjungi.

Entah itu aktivitas tripnya, kesenian tradisi atau icip icip kuliner extrime nya.


Misalnya waktu ane ke pantai gosong. Di depan pantai ada pulau yang bernama pulai semesak. Kata orang sini pulau semesak bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Ya udah ane coba aja jalan kaki. Ternyata betul, air lautnya dangkal, paling dalem se-ukuran dada banci dewasa aja. Akhirnya nyampe juga di pulau semesak yang terlihat cakep dari pantai gosong tadi.

Sampai sampai ane terlena dan lupa waktu saat keasyikan bermain di pulau semesak. Tanpa ane sadari air laut mulai pasang.
Ane buru - buru kembali ke pantai gosong. Tapi udah telat, air laut pasang dengan cepat dan setengah jalan ane harus berenang. Ane sudah banyak minum air garam, tubuh udah lemes, halusinasi mulai merasuk melalui lubang dubur. Bagaimana kalau ane tenggelam dan mati dalam posisi nungging ? Pasti masuk koran halaman olahraga, sederet dengan berita hengkangnya Neymar ke Persija eh ke PSG.
Aaaaarrrrggggg TidHhhaaAa ......
Seiring dengan teriakan ane yang kaya bencong sariawan tadi, samar samar dari kejauhan terlihat sesuatu yang mengapung.


Apakah itu malaikat pencabut nyawa ??? Tetottt ... Bukan



Apakah itu ikan paus ???

Tetottt ... salah


(Clue : Seperti sesosok makhluk mitologi yang mengenakan kaos partai , berotot , rambut acak acak kan) ahaaa

Pasti Putri duyung yang mau nyelamatin ane !!! Trus ... trus nanti ane di kasik nafas buatan !


Tetoooootttt ... hampir benar nyet



Nyerah, ane nggak tau itu apa atau siapa. Mata ane terlalu perih kena air garam, jadi kaga bisa ngeliat dengan jelas.



Samar samar ku dengar teriakan : semangat kawan , jangan nyerah ! (Belakangan ku ketahui si empunya rupa dan suara itu ialah sesosok nelayan yang lagi pasang pukat daerah sini)



Semangat Palak otak engkau .... saya udah nggak tahan nih.



Tolong ... tolong ... tolong ...



Sambil berdiri dan mengayuh sampan lengkap dengan adegan slow motion naik turun (efek gelombang) akhirnya ane di tolong juga.

Singkat cerita ane diselamatin seorang nelayan yang sempat ane anggap makhluk mitologi putri duyung. Kalo begitu, kaga jadi deh nafas buatannya.


Siuffff ..... Perjalanan yang tak terduga

Tapi sumpahhh seru banget.




Atau kisah icip - icip kuliner ane. Tapi bukan kuliner yang betebaran di jalan jalan yahh. Secara dapat apa uang 5ribu. Uang segitu mah cuma cukup beli telur 3butir. Ahaaaa ... betul juga, telur. Telur rebus tapi rebusnya bukan dengan panci atau sejenisnya. Tapi rebus telurnya dengan bambu. Hasilnya sukses dan sangat memuaskan. Perjalananku berkesan dan makin seru karna ane bisa se-kreatif kaya orang yang di tipi tipi itu loh. Hahahayyy

Kalo kalian pingin coba silahken lihat caranya di sini : cara rebus telur dengan bambu



3. Coba liburan ala backpacker



Buat kalian yang suka ngetrip dengan paket tour, ane saranin sekali kali coba ngetripnya dengan cara ala backpacker. Recomended banget. Dijamin ketagihan.

Kalau kita ikut paketan , acara udah di atur ama agen tournya.
Kalau kita backpackeran kita yang ngatur tripnya. Mau ngetrip sehari kek ... mau sebulan kek ... mau ini kek ... mau itu kek ... pokoknya bebas sebebas bebasnya.




Dengan cara backpackeran kita dituntut kreatif dan novatif. Bisa mengatur anggaran dengan baik (karna loe kere jadi insting selektifnya tinggi)

Hampir semua yang ngetrip ala backpacker itu orangnya Mandiri karna semua aktifitas serba dilakukan sendiri. Efek sampingnya adalah ke-Seru-an yang sulit di ungkapkan dengan bahasa latin. Perjalanan lebih berasa dan menantang.


Backpackeran ke pedalaman Kalimantan


1 Contoh kecilnya : ente tau sensasinya numpang pick up. Angin menerpa wajah,  pemandangan yang lebih natural, keseruan tiada tara , yang ada cuma citra, adiknya tara, dll.

Sensasi ini tidak loe temukan saat ikut paketan karna udah dijemput dengan mobil ber-AC.


Nb : tidak bermaksud mengucilkan paket tour yang lagi hits dimana - mana. Karna ane sebagai anak backpacker juga pingin ikut paket tour suatu saat nanti hahahahayyy.




Nah itu aja dulu yah tips AGP #AhGakPenting dari ane. Semoga bermanfaat buat teman teman gembels lover sekalian.


Salam Gembel

2 komentar: